🚎🚆🏘 FATWA TERAKHIR SYAIKH IBNU BAZ RAHIMAHULLAH TERKAIT SEORANG MUSAFIR YANG TINGGAL BEBERAPA HARI DI TEMPAT TUJUANNYA
"Akan tetapi saya ingin memberitahukan kepada kalian, bahwa pada akhirnya saya berpendapat, termasuk sikap berhati-hati seorang musafir saat tinggal di daerah manapun selama lebih dari empat hari, untuk menyempurnakan shalat dan berpuasa; dalam rangka menutup jalan sikap bermudah-mudahan kebanyakan orang yang bodoh, mengqashar shalat dan tidak puasa dengan alasan bahwa mereka musafir, padahal mereka tinggal di tempat safarnya dalam waktu yang lama.
Inilah yang lebih hati-hati menurutku untuk menutup jalan ini dan untuk keluar dari perbedaan pendapat mayoritas ulama yang mengatakan bahwa seorang musafir, kapan saja ia berniat tinggal di tempat tujuan safarnya lebih dari empat hari, maka ia tidak berhak mengqashar maupun berbuka (tidak berpuasa) saat Ramadhan.
Sedangkan sikap kehati-hatian dalam agama itu secara syar'i dituntut di saat samarnya dalil-dalil yang ada atau tersembunyinya dalil-dalil.
Ini berdasarkan sabda Nabi ﷺ:
"Tinggalkanlah sesuatu yang membuatmu ragu dengn beralih kepada sesuatu yang tidak membuatmu ragu"
dan juga sabda beliau ﷺ:
Barang siapa menjaga diri dari perkara syubhat maka sungguh dia telah berhati-hati dengan agama dan kehormatannya."
📖 Majmu' Fatawa wa Rasail Syaikh Ibn Baz
🌐 http://t.me/ukhwh
ولكني أود أن أخبركم أني أخيرًا أرى من الأحوط للمسافر إذا أجمع الإقامة في أي مكان أكثر من أربعة أيام أن يتم ويصوم سدًا لذريعة تساهل فيها الكثير من السفهاء بالقصر والفطر بدعوى أنهم مسافرون، وهم مقيمون إقامة طويلة، هذا هو الأحوط عندي سدًا لهذه الذريعة، وخروجًا من خلاف أكثر أهل العلم القائلين بأن المسافر متى عزم على إقامة مدة تزيد على أربعة أيام فليس له القصر ولا الفطر في رمضان، والاحتياط في الدين مطلوب شرعًا عند اشتباه الأدلة، أو خفائها؛ لقول النبي ﷺ: دع ما يريبك إلى ما لا يريبك[1]. وقوله عليه الصلاة والسلام: من اتقى الشبهات فقد استبرأ لدينه وعرضه[2].
وأسأل الله أن يوفق الجميع للفقه في دينه والثبات عليه إنه سميع قريب[3].
الرئيس العام لإدارات البحوث
العلمية والإفتاء والدعوة والإرشاد
عبدالعزيز بن عبدالله بن باز
رواه أحمد في (مسند أهل البيت) حديث الحسن بن علي بن أبي طالب برقم 11689، والترمذي في (صفة القيامة والرقائق والورع) باب منه أي (ما جاء في صفة أواني الحوض) برقم 2452.
رواه البخاري في (الإيمان) باب فضل من استبرأ لدينه برقم 52، ومسلم في (المساقاة) باب أخذ الحلال وترك الشبهات برقم 1599.
سؤال مقدم من المستفتي م. ر. ح. لسماحته في 15/9/1398هـ.
No comments:
Post a Comment