Saturday, May 23, 2020

kapan takbir idul fithri di mulai?

::
🚇 TAKBIR HARI RAYA : KAPAN TAKBIR IDUL FITHRI DIMULAI

Dua pendapat di kalangan 'ulama dalam masalah ini. Sebagian menyatakan bahwa :

(1) Takbir dimulai saat malam hari raya. Inilah yang jadi pendapat Syafi'iyyah, dan sebelum mereka ada Sa'id bin Musayyib, Abu Salamah, dan 'Urwah. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (Al Fatawa, XXIV/221) dan Asy-Syaikh Al-'Utsaimin -rohimahumullah- juga memilih pendapat ini (Majmu' Fatawa wa Rosa'il, XVI/271).

Sedang pendapat lain mengatakan :

(2) Takbir dimulai saat berangkat menuju sholat 'id.

Al 'Allamah Ibnu Rusyd (dalam Bidayah Al Mujtahid, I/500) dan Al Hafizh An Nawawi -rohimahumullah-, menyandarkan pendapat kedua -takbir dimulai saat berangkat sholat 'id- kepada mayoritas 'ulama. Disebutkan dalam Al-Majmu' (V/48) oleh Imam Nawawi rohimahullah,

وقال جمهور العلماء: لا يكبر ليلة العيد إنما يكبر عند الغدو إلى صلاة العيد , حكاه ابن المنذر عن أكثر العلماء قال : وبه أقول , قال : وبه قال علي بن أبي طالب وابن عمر وأبو أمامة وآخرون من الصحابة , وعبد الرحمن بن أبي ليلى وسعيد بن جبير والنخعي وأبو الزناد وعمر بن عبد العزيز وأبان بن عثمان وأبو بكر بن محمد والحكم وحماد ومالك وأحمد وإسحاق وأبو ثور , وحكاه الأوزاعي عن الناس

"Mayoritas 'ulama mengatakan, Malam hari raya tidak ada takbiran. Baru mulai takbir di saat berangkat menuju sholat 'id. Ibnul Mundzir telah menghikayatkan pendapat ini dari kebanyakan 'ulama, lalu beliau berkata, Pendapat ini yang saya pilih.

Lebih lanjut, Ibnul Mundzir rohimahullah mengatakan, Pendapat ini dipilih oleh 'Ali bin Abi Tholib, Ibnu 'Umar, Abu Umamah, dan sejumlah shahabat nabi yang lain. Juga menjadi pendapat 'Abdurrahman bin Abi Laila, Sa'id bin Jubair, Ibrohim An Nakho'i, Abuz Zinad, 'Umar bin 'Abdil 'Aziiz, Abaan bin 'Utsman ... Malik bin Anas, Ahmad, Ishaq, dan Abu Tsaur..." (Selesai dari Al-Majmu')

Bila kita melihat kepada yang di'amalkan oleh Nabi Muhammad ﷺ dan para shahabat beliau, nampaknya -wallahu a'lam-, pendapat mayoritas 'ulama ialah pendapat yang benar. Berikut sejumlah dalil yang menunjukkan hal itu :

▪ Riwayat dalam Mushonnaf Ibn Abi Syaibah,

كان ﷺ يخرج يوم الفطر فيكبر حتى يأتي المصلى، وحتى يقضي الصلاة، فإذا قضى الصلاة ؛ قطع التكبير

"Adalah Rosulullah ﷺ bila berangkat menuju sholat 'idul fithri; beliau bertakbir hingga datang ke lapangan sholat. Dan terus bertakbir hingga sholat; ketika sholat 'id selesai baru beliau menghentikan takbir." (baca takhrij riwayat ini dalam Ash-Shohiihah no. 171)

▪ Dari Ibnu 'Umar rodhiyallahu 'anhumaa,

أن رسول الله ﷺ كان يخرج فى العيدين مع الفضل بن عباس وعبد الله والعباس وعلي وجعفر والحسن والحسين وأسامة بن زيد , وزيد بن حارثة وأيمن بن أم أيمن رضى الله عنهم رافعا صوته بالتهليل والتكبير

"Rosulullah ﷺ pernah pergi sholat 'id bersama dengan Fadhl bin 'Abbas, 'Abdullah, Al 'Abbas, 'Ali, Ja'far, Al Hasan, Al Husain, Usamah bin Zaid, Zaid bin Haritsah, dan Ayman bin Ummu Ayman -rodhiyallahu 'anhum-. Sembari beliau mengeraskan suaranya dalam bertahlil dan bertakbir." HR. Al-Baihaqi, III/279 (baca : Al Irwa', III/123)

Terlihat dalam dua riwayat di atas, bahwa takbirnya Rosulullah ﷺ ialah saat berangkat ke lapangan. Asy-Syaikh Muqbil Al Wadi'i rohimahullah, juga condong pada pendapat ini (lihat : Qom'ul Mu'anid, II/366-367).

Sedikit mirip dengan ini, ialah pendapat Syaikh Al Albani rohimahullah yang menyatakan bahwa takbir idul fithri dimulai dari ba'da sholat shubuh. (Jaami' At-Turats fi Al Fiqh, VI/266). Yang itu merupakan waktu awal berangkat menuju lapangan sholat 'id.


🗒 KESIMPULAN & CATATAN :

- Yang lebih nampak, bahwa takbir dimulai di saat berangkat menuju lapangan sampai dikerjakannya sholat 'id. Meski demikian, tidak diingkari pihak yang mengambil pendapat pertama. 

- Sengaja kami membawakan perselisihan 'ulama di sini agar diketahui, bahwa bukan satu pendapat saja yang ada dalam masalah ini. 

- Sejumlah dalil yang dikemukakan oleh pendapat pertama sengaja tidak kami sebutkan dalam rangka menyederhanakan pembahasan.

✍ -- Arsip Tulisan Lama
-- Hari Ahadi @nasehatetam

••••
📶 https://bit.ly/ForumBerbagiFaidah [FBF] 
🌍 www.alfawaaid.net

▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️

No comments:

Post a Comment