📋 APAKAH MEMOTONG JANGGUT DAPAT MENGELUARKAN SESEORANG DARI SALAFIYYAH?
🎙 As-Syaikh DR. Muhammad bin Umar Bazmul - حَفِظَهُ اللّٰهُ تَعَالَىٰ - :
📑 Pertanyaan:
Apakah jenggot termasuk masalah fiqhiyyah yang dapat menyebabkan keluar yang memotongnya dari manhaj salafi atau tidak?
✍ Jawaban:
¬ Siapa yang memotong jenggot tidaklah dikatakan pada dirinya bahwa dia salafi atau bukan salafi.
Dan jika dia orang yang iltizam (teguh) dengan manhaj salaf namun padanya ada kekurangan pada sisi ini maka dikatakan dia bukan salafi dalam perbuatannya memotong janggut, namun dia salafi pada sisi selain itu.
Bukankah di kalangan sahabat ada yang peminum khamar dan dicambuk kerananya, maka apakah engkau akan katakan dia telah keluar dari sunnah kerana meminum khamar?
Bagaimana, sedangkan rasul ﷺ telah bersabda tentang hak seseorang yang telah dihukum kerana minum khamar (dengan sabdanya):
"Demi Allah, engkau tidak tahu bahwa dia mencintai Allah dan rasul-Nya"
Dikeluarkan oleh Bukhari di bawah nomor hadits (6780) dari Zaid bin Aslam, dari ayahnya, dari Umar Ibnul Khatthab, bahwa seseorang di zaman nabi ﷺ bernama Abdullah, dan dia dijuluki dengan himar (keledai), dan beliau suka membuat tertawa rasulullah ﷺ, dan nabi ﷺ telah menyambuknya kerana minum khamar, maka suatu hari dia dihadirkan kemudian beliau memerintahkan untuk dicambuk, kemudian ada seseorang dari kaum berkata: ya Allah, laknatlah dia, betapa banyak yang telah dia perbuat?
Maka nabi ﷺ bersabda:
«لاَ تَلْعَنُوهُ، فَوَاللَّهِ مَا عَلِمْتُ إِنَّهُ يُحِبُّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ»
"jangan kalian melaknatnya, maka demi Allah, tidaklah engkau tahu bahwa dia mencintai Allah dan rasul-Nya."
Maka seseorang pelaku maksiat dia termasuk ahlussunnah pada perkara yang dia taat kepada Allah padanya, dan dia bukan termasuk ahlussunnah pada kemaksiatannya.
Dan dari sini, sebagian manusia menyangka bahwa salafi tidak pernah terjatuh ke dalam kemaksiatan atau ke dalam penyelisihan, dan bukan demikian keadaannya!
Maka seorang salafi terkadang terjatuh ke dalam kemaksiatan dan terkadang terjatuh ke dalam seperti penyelisihan; akan tetapi dia tidak keluar dari salafiyyah secara total dengan sebab itu, seperti ucapan kita: mukmin yang bermaksiat, muslim yang fasik, dan semisalnya.
Dan masalah ini termasuk dari perkara yang halus dari bab asma dan ahkam.
Wallahul muwaffiq.
💻 Sumber artikel:
https://t.co/8ZJDriippw
----------
سؤال :
هل تعتبر اللحية مسألة فقهية تستدعي خروج حالقها من المنهج السلفي ام لا
الجواب :
من حلق اللحية لا يطلق القول في حقه بأنه سلفي أو ليس بسلفي.
فإن كان يلتزم بمنهج السلف وعنده تقصير في هذا الباب فيقال هو ليس سلفي في حلقه للحية، وهو سلفي فيما عدا ذلك.
أليس في الصحابة من شرب الخمر وجلد عليها، فهل تقول هو خارج عن السنة لشربه الخمر؟
كيف والرسول صلى الله عليه وسلم قال في حق رجل حد في شرب الخمر: "فوالله ما علمت أنه يحب الله ورسوله
أخرج البخاري تحت رقم (6780) عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عُمَرَ بْنِ الخَطَّابِ، أَنَّ رَجُلًا عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ اسْمُهُ عَبْدَ اللَّهِ،
وَكَانَ يُلَقَّبُ حِمَارًا،
وَكَانَ يُضْحِكُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ جَلَدَهُ فِي الشَّرَابِ،
فَأُتِيَ بِهِ يَوْمًا فَأَمَرَ بِهِ فَجُلِدَ،
فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ القَوْمِ: اللَّهُمَّ العَنْهُ، مَا أَكْثَرَ مَا يُؤْتَى بِهِ؟ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لاَ تَلْعَنُوهُ، فَوَاللَّهِ مَا عَلِمْتُ إِنَّهُ يُحِبُّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ».
فالرجل صاحب المعصية هو من أهل السنة فيما أطاع الله فيه، وهو ليس من أهل السنة في معصيته.
ومن هنا توهم بعض الناس أن السلفي لا يقع في معصية أو في مخالفة، وهذا شيء غير هذا!
فالسلفي قد يقع في معصية وقد يقع في كخالفة؛ لكن لا يخرج عن السلفية بالكلية بسببها، مثل قولنا: مؤمن عاصي، مسلم فاسق. ونحوها .
وهذه المسألة من دقائق باب الأسماء والأحكام.
والله الموفق.
https://t.co/8ZJDriippw
#manhaj
📲 butiranfaedah/2153
┈┉┅━━━•❖📗📕📘❖•━━━┅┉┈
◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎
Ikut Menyebarkan:
🚇Group WA & Telegram :
🌴@InginKenalSunnah
📮Klik "JOIN" https://t.me/InginKenalSunnah
No comments:
Post a Comment